Pemdes Bukit Mulya Terapkan Konsep Inovasi Tumistani


Swara Luktim - Sala satu inovasi yang menjadi unggulan Pemdes Bukit Mulya Kecamatan Luwuk Timur adalah Tuntaskan Kemiskinan Tanam Nilam (Tumistani ).

Inovasi Tumistani merupakan bagian dari Program Desa yang muncul dari ide Pemdes, dalam meningkatkan ekonomi warga dengan cara membudidayakan dan menanam Nilam.

Kades Bukit Mulya Nirwan marang mengatakan program tersebut sudah berjalan selama delapan bulan.Bahkan kata dia,untuk mempermantap pembudidayaannya.Pemdes Bukit mulya menerapkan tiga konsep inovasi Tumistani yakni Tanam Nilam,Pelihara,Rawat Nilam dan Panen Nilam." ujarnya

Dia mengatakan tujuan dan maksud dari konsep tersebut selain memotivasi warga,juga agar lebih memahami bagaimana membudidayakan Nilam dengan baik,"kalau sebelumnya ada kendala saat membudidyakan nilam,insah allah dengan penerapkan konsep inovasi ini dapat menghasilkan nilam yang lebih baik lagi."tutur Nirwan

Di samping itu lanjut dia,untuk menguatkan program tersebut Pemdes akan mengalokasikan Dana Desa dalam perencanaan tahun anggaran baru.

"intinya program Tumistani ini bertujuan mensejaterahkan dan meningkatkan ekonomi warga,agar kedepan warga dapat menikmati hasil dari upaya yang selama ini mereka kelolah.Kami Pemdes tetap mensuport apa yang telah di laksanakan." tandasnya

kades juga menambahkan selain Program tumistani juga ada Program Readsi yang merupakan sala satu program Kementan yang memanfaatkan potensi lokal.

Sehingga ini menjadi motivasi dan dapat di sinergikan sebagai bentuk aspirasi terhadap jalanya proses suksesnya inovasi."paparnya.(al)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kades dan Warga Gotong Royong Bangun Pintu Gerbang Mesjid Nurul Huda Desa Lokotoy

Habbly Louto, Dari Kampung Berhasil Merumput Hingga Kancah Nasional

Pemdes Boitan,BPD dan Masyarakat Gelar Baksos Persiapan Lomba 9 K