Menjadi Organisasi Yang Kreatif,Karang Taruna Harus Mampu Ciptakan Inovasi

Kadis PMD Kabupaten Banggai Drs Amin Djumail 

Swara Luktim - Sebagai subjek dan wadah pembinaan generasi muda dalam usaha kesejahteraan sosial di tingkat desa, Karang Taruna (Kartar) harus bisa menunjukkan fungsi dan perannya secara optimal ditengah-tengah masyarakat. 
Hal itu yang di harapkan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintah Desa (DPMPD) Kabupaten Banggai, Drs Amin  Djumail.
Dia mengatakan, karang taruna harus mampu melahirkan kreatifitas dan inovasi untuk mendorong pembangunan desa lewat pemberdayaan. "karang Taruna harus dapat membaca peluang yang ada di desa,memperdayakan sumber daya alam (SDM) untuk membuat suatu inovasi yang dapat menghasilkan Pendapatan Desa (PAD). Desa akan memberikan bantuan lewat anggaran yang ada,asalkan benar-benar bermanfaat dan berguna sehingga akan menjadi program unggulan yang dapat mengasilkan ke untungan bagi kemajuan Desa." papar Amin. 
Lebih jauh dia mengatakan, peran dan fungsi Kartar harus selalu bersinegri dengan Pemdes sebagai wadah pengembangan generasi muda nonpartisan yang tumbuh atas dasar rasa tanggung jawab sosial, dari,oleh dan masyarakat sehingga  Kartar sangat di harapkan  bisa memberikan ide ide yang baik serta berkarya dengan skil yang ada.
Termotivasi dengan pernyataan Kadis DPMD, penjabat Kades Bukit Mulya, Nirwan Marang mengatakan, bagi Kartar Bukit Mulya sudah ada beberapa inovasi yang telah berhasil diciptakan oleh organisasi itu.
Misalnya kata Nirwan, adanya kreatif pembuatan bonsai kelapa serta pemanfaatan limbah plastik menjadi kerajinan tangan.
Olehnya kata Nirwan, pihaknya bakal menganggarkan kegiatan itu agar lebih dikembangkan lagi. Termasuk penyediaan alat penyulingan nilam bagi generasi muda. (al)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kades dan Warga Gotong Royong Bangun Pintu Gerbang Mesjid Nurul Huda Desa Lokotoy

Habbly Louto, Dari Kampung Berhasil Merumput Hingga Kancah Nasional

Pemdes Boitan,BPD dan Masyarakat Gelar Baksos Persiapan Lomba 9 K