Rampia Tegas Dipembinaan Bidan Ranting Luktim-Masama

Swara Luktim- Ikatan Bidan Indonesia (IBI) cabang Banggai menggelar kegiatan pembinaan organisasi IBI untuk ranting Luwuk Timur - Masama di Rumah makan Empang Tirta Harapan desa Kayutanyo, Sabtu (15/8).

Dengan tema, saatnya bidan dan perempuan bersatu, bergerak bersama, untuk meningkatkan kesehatan ibu dan anak menuju Indonesia maju, di ikuti oleh puluhan Bidan di ranting Luwuk Timur dan Masama.

Mengawali kegiatan itu, Ketua ranting IBI Masama - Luwuk Timur, Lili Afrianti Bada menyampaikan berbagai kendala selama melaksanakan tugas yang terjadi di internal organisasi. Dia berharap, pengurus cabang Banggai dapat memberi arahan dan wejangan demi kemajuan organisasi IBI ranting kedepan. 

Mendengar laporan itu, Ketua IBI cabang Banggai, Rampia Laamiri menjadi kesal dengan ketidak hadiran sejumlah Bidan yang telah mengabaikan kegiatan dimaksud. Padahal kata dia, pembinaan itu  sangat penting bagi setiap tenaga kesehatan (Nakes) karena berkaitan erat dengan aturan hukum yang berlaku. 

Oleh sebab itu tandas Rampia, bagi para Bidan yang tidak mengikuti pembinaan tanpa keterangan yang jelas akan diberlakukan ketentuan sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD-ART) organisasi. "jangan anggap enteng organisasi ini," tegasnya. 

Dia menjelaskan, bagi bidan yang dalam melaksanakan tugas dan kegiatannya tanpa memenuhi syarat yang telah ditentukan dianggap telah melanggar Undang-Undang Tenaga Kesehatan (Nakes) . Apalagi, jika persoalan yang terjadi dapat menimbulkan kerugian bagi warga pasien. Sementara, petugas Bidan itu sendiri tidak mengantongi syarat-syarat yang ditentukan. "Bila ini terjadi, maka hukum bisa menjerat kita. Jelasnya ada di Undang-Undang  Nomor 36 tahun 2014," singkat Rampia. 

Oleh karena itu harap Rampia, untuk menghindari persoalan dimaksud, setiap tenaga kesehatan terlebih kepada para Bidan harus memenuhi segala persyaratan yang telah ditentukan, agar terhindar dari jeratan hukum yang berlaku. (ir)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kades dan Warga Gotong Royong Bangun Pintu Gerbang Mesjid Nurul Huda Desa Lokotoy

Habbly Louto, Dari Kampung Berhasil Merumput Hingga Kancah Nasional

Pemdes Boitan,BPD dan Masyarakat Gelar Baksos Persiapan Lomba 9 K