Pemdes Bukit Mulya Kembangkan Program Inovasi " Tumistani"

Swara Luktim- Dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat, Pemerintah Desa Bukit mulya mencanangkan program inovasinya yang dikenal dengan istilah Tumis tani atau penuntasan kemiskinan tanam nilam. 
Selain sebagai program inovasi, Tumis tani 
juga merupakan bentuk realisasi anggaran yang diserap melalui anggaran Dana Desa tahun 2020.

Penjabat kades Bukit mulya, Nirwan Marang mengatakan, program penanaman nilam merupakan langka awal yang dilakukan pemerintah desa dalam rangka meningkatkan dan mempercepat roda perekonomian di masyarakat.
"Untuk langka awal, pemdes baru menyiapkan Seratus ribu bibit nilam untuk 40 kepala keluarga," ujarnya. 

Meski begitu kata Nirwan, masyarakat yang belum tersentuh oleh bantuan pemerintah desa begitu antusias untuk ikut mengembangkan produktifitas tanam nilam di areal perkebunannya masing-masing. Melihat antusias itu sambung Nirwan, pihaknya telah mewajibkan setiap warganya untuk mengembangkannya. "Kedepannya nanti, kita akan menambah anggaran pengadaan bibitnya. Bisa jadi, dari seratus ribu bibit yang ada menjadi tiga ratus ribu untuk seluruh masyarakat, " terangnya. 

Dengan adanya program Tumis tani kata dia, akan perlahan dapat memperbaiki taraf ekonomi bagi masyarakat setempat. Disamping itu, program tersebut akan berfungsi sebagai penggerak roda ekonomi pedesaan sehingga peluang usaha bagi masyarakat dalam pemenuhan kebutuhannya akan lebih terbuka luas. (ir) 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kades dan Warga Gotong Royong Bangun Pintu Gerbang Mesjid Nurul Huda Desa Lokotoy

Habbly Louto, Dari Kampung Berhasil Merumput Hingga Kancah Nasional

Pemdes Boitan,BPD dan Masyarakat Gelar Baksos Persiapan Lomba 9 K